Sabtu, 28 Juli 2012

AS-i (Actuator Sensor - interface) Bus





baru sempet nulis lagi neh heheheheheh, skalian ngabuburit dah...

Dulu pernah kite bahas Industrial Bus Foundation Fieldbus & Profibus, sekarang ane coba sharing Industrial Bus yang lain dan juga sudah sangat booming di Industri, yaitu AS-i Bus. Tulisan ini banyak copas dari Wiki, catalogue vendor2 seperti PEPPERL + FUCH, SQUARE D dll, yang memang vendor2 tesebut bnyak menyediakan componen2 AS-i bus. Bahaha gampangnya AS-i bus adalah bus untuk equipment yang menggunakan input/output Digital, seperti Control Motor, Switch, Lamp, Proximity dll.

Keuntungan menggunakan AS-i :

"Simplification in the planning, documentation, installation and commissioning of plant systems"

copas wiki:

Pendahuluan

AS-Interface (Actuator Sensor Interface, AS-i) merupakan solusi jaringan industri (lapisan fisik, metode akses data dan protokol) yang digunakan dalam PLC, DCS dan PC berbasis sistem otomatisasi. Hal ini dirancang untuk menghubungkan lapangan sederhana perangkat I / O (biner misalnya ON / OFF perangkat seperti aktuator, sensor, rotary encoders, analog input dan output, tombol push, dan sensor posisi katup) di manufaktur diskrit dan aplikasi proses menggunakan 2 single -konduktor kabel.
AS-Interface adalah 'open' teknologi yang didukung oleh banyak vendor peralatan otomatisasi. Menurut AS-Interface Internasional saat ini ada, lebih dari 18 Juta AS-i perangkat lapangan diinstal secara global, tumbuh sekitar 2 juta per tahun.
Spesifikasi AS-Interface dikelola oleh AS-International, sebuah organisasi anggota yang didanai berlokasi di Gelenhausen / Jerman. Beberapa organisasi internasional putri ada di seluruh dunia.


Sejarah

AS-Interface dikembangkan selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990 oleh suatu kelompok (konsorsium) dari 11 perusahaan sebagian besar dikenal penawaran mereka dari industri non-kontak perangkat penginderaan seperti sensor induktif, sensor fotolistrik, sensor kapasitif dan sensor ultrasonik. Setelah pembangunan selesai konsorsium itu diselesaikan dan organisasi anggota, AS-Internasional, didirikan. Sistem operasional pertama ditampilkan di 1994 Hannover Fair (Hannover Messe).

Componen AS-i

  • Scanners and Gateways (also called masters)
  • Power supplies and repeaters
  • Modules (also called slaves)
  • Network cable, installation hardware and useful tool (infrastructure)




















































 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar