Selasa, 01 Maret 2011

masih bab zakat

25 Dec 2010
seperti biasa sabtu pagi  adalah jadwal ane ngaji (ngaos kate orang sunda mah). ngaji di pondok pesantren al-albab udah berjalan 6 th kalo enggak salah (dari taun 2004). itu juga sempet terputus waktu pindah gawe ke gresik (kurang lebih 1.5 th). tempatnye di daerah ciselang cikampek, tempat yg sepi dan sunyi. tempat paling enak untuk istirahatkan hati dan fikiran, dari segala urusan dunia.
jadwal pertama kali adalah nyetor bacaan quran dulu ke ustadz, ga lama paling juga 2 lembar atau 3 lembar (itu juga udah bikin napas engap2an,  kalo pas banyak mad wajib yg 5-6 harokat).  yg lama mah ngantrinye cos banyak juga para santi yg nyetor bacaan hapalan juz amma. ane ketinggalan dengan yg laen2 (baru juz11) kalo ga pindah gawe ke gresik mungkin tahun ini bisa khotmil quran. target mah taun depan lah.
abis nyetor quran baru ngaji kitab, kebetulan cuma satu kitab Fiqih Fathul Qorib. minggu ini bahasannye masih bab zakat, zakat hewan ternak dan zakat perhiasan (emas/perak). Untuk zakat hewan ternak mungkin aga sulit di jalankan di indonesia, cos syaratnya hewan tersebut adalah ternak yg di umbar (cari makan sendiri, bukan di beri makan) kayanya udah jarang hewan ternak yg di suruh cari makan sendiri untuk sekarang ini. bahasan yg menarik adalah zakat emas dan perak. dengan nisab (batas jumlah harta kena zakat) = 20 mitsqol (1 mitsqol =3.879grm) jadi nisobnya emas/perak=77.58 gram. untuk haulnya adalah 1 tahun. besarnya zakat yg harus di keluarkan adalah 1/40 (2.5%). misalanya gini : ente punya 100 gram emas dan udah ente punya selama 1 tahu (yg sebagai perhiasan anak bini gak di itung ya..) ini bener2 harta emas simpanan ente.
jadi zakat yg harus ente keluarin adalah 100x2.5%= 2.5 gram duang.
bis ngaji kitab langsung dhuhur berjamaah, dan biasanya ngobrol2 sesama santri sebelum pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar